Tips Modal Bisnis, Begini Cara Mendapatkannya

Melakukan bisnis baik itu dalam skala kecil maupun besar, pastinya memerlukan modal. Modal usaha tersebut akhirnya bisa digunakan untuk berbagai keperluan bisnis, seperti membeli investasi awal yang berkaitan dengan peralatan atau kelengkapan, kemudian biaya operasional, pengurusan izin, dan lain sebagainya. Sementara kisaran bear kecilnya modal juga tergantung dari jenis usaha atau bisnis yang akan dijalankan.

Namun sebetulnya bicara tentang modal tidak saja berbicara uang, bentuknya bisa lebih luas lagi. Kreativitas, inovasi merupakan salah satunya. Kemudian pengalaman, pengetahuan hingga networking juga sangat dibutuhkan. Yang tidak kalah menarik, keberuntungan setiap orang dalam menjalankan bisnis juga cukup diperhitungkan.

Sementara untuk modal yang bentuknya uang, juga bisa didapatkan melalui berbagai cara, berikut ini adalah tips modal bisnis yang bisa Anda dapat coba.

O Aset dan barang berharga

Ini bisa menjadi pilihan pertama, di mana Anda tinggal menggadaikan atau menjual aset yang Anda miliki. Aset sendiri bentuknya bisa beragam, seperti rumah, tanah atau sertifkat berharga lainnya. Bahkan jika Anda memiliki aset berbentuk barang berharga seperti emas, bisa menjadi modal bisnis. Dimana bila keuntungan sudah didapat, maka modal-modal yang telah dikeluarkan tadi bisa ditebus dan didapatkan kembali.

O Mengajukan pinjaman

Tips modal bisnis selanjutnya, bisa didapat dari pinjaman. Pinjaman ini juga bentuknya beragam, bisa didapat dari orang yang Anda kenal atau meminjam pada lembaga keuangan, baik itu bank ataupun non-bank. Untuk pinjaman yang akan diajukan pada lembaga keuangan, biasanya tetap dibutuhkan jaminan, bentuk jaminan juga banyak pilihan macamnya.

Sementara untuk meminjam modal pada lembaga keuangan non-bank, banyak juga pilihan. Tidak sedikit yang menawarkan proses pinjaman mudah bahkan tanpa syarat yang sulit. Yang menarik, pinjaman bisa didapat dalah hitungan jam. Namun ada yang perlu Anda perhatikan betul untuk jenis pinjaman yang satu ini. Karena, bisa jadi bunga yang harus dibayar mencekik Anda sendiri.

O Tabungan

Jika selama ini Anda juga memiliki tabungan, ini juga bisa saja digunakan sebagai sumber modal usaha. Tips modal bisnis ini bisa Anda pertimbangkan, namun jika jumlah tabungan belum terlalu besar, Anda bisa memilih bisnis yang jumlah modal awalnya juga tidak terlalu besar. Saat ini, banyak sekali bisnis dengan modal kecil, seperti bisnis jual pulsa, jasa pencucian pakaian, atau jasa cuci mobil dan motor.

Atau jika Anda tidak cukup yakin dengan bisnis kecil yang akan Anda jalankan. Anda bisa memilih bisnis yang tanpa mengeluarkan modal, semisal reseller atau dropshipper dari sebuah perusahaan atau bisnis lain yang tengah diminati banyak orang. Bisnis sejenis franchise juga menarik untuk dijadikan bisnis, biasanya tidak perlu banyak modal yang Anda keluarkan.

Tips modal bisnis berikutnya bisa didapat dari mengikuti pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan lembaga-lembaga penyalur KUR atau Kredit Usaha Rakyat. Saat ini cukup banyak lembaga yang menawarkan program tersebut, baik itu dari lembaga seperti bank maupun non bank. Di mana lembaga tersebut biasanya sudah mendapatkan subsidi dari pemerintah. Namun untuk yang satu ini, biasanya ada persyaratan khusus agar proses peminjaman modal menjadi lebih mudah, seperti usaha yang telah berjalan secara aktif, setidaknya selama 6 bulan.

Itulah beberapa tips modal bisnis, kini Anda tinggal menentukan mana yang paling tepat dan sesuai dengan prinsip bisnis Anda. Semuanya tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan namun memilih menggunakan aset atau tabungan pribadi tentunya tidak akan terlalu menyulitkan Anda jika suatu saat terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kebangkrutan misalnya.

Comments

  • No Comment Yet
Please login first for post a comment