Tips Merintis Bisnis Kopi Untuk Pemula

Kopi adalah salah satu minuman yang paling banyak digemari orang sejak dahulu. Kopi ini bisa disebut sebagai minuman sejuta umat karena berbagai kalangan pasti menikmati minuman ini. Meskipun digemari sejak dahulu, namun kepopuleran kopi ini semakin naik beberapa tahun ini.

Karena kepopulerannya yang semakin melejit tersebut tak jarang para penggelut bisnis memulai bisnis kopi ini. Bisnis seperti kedai kopi, bisa menjadi peluang yang menjanjikan bagi Anda yang baru ingin merintis bisnis. Agar bisnis coffee shop Anda berjalan mulus, berikut kami siapkan tipsnya:

O Memanfaatkan Modal Bisnis yang Ada

Modal adalah salah satu faktor utama yang paling penting dalam merintis sebuah bisnis. Untuk memulai bisnis kopi bisa dimulai dengan modal kecil, bahkan dengan modal Rp. 1 juta saja. Hal tersebut tergantung pada kedai seperti apa yang ingin kita rintis karena pada dasarnya bisnis kedai kopi bisa jalan hanya bermodalkan dua unsur saja yaitu kopi dan air panas.

Lebih baik Anda menggunakan modal bisnis yang ada saja, hindari peminjaman yang malah akan menimbulkan hutang. Selalu sesuaikan budgeting modal dengan kemampuan Anda. Jika budget sederhana maka kedai kopi pun tak perlu mewah. Kita bisa mencari bahan dan alat yang memiliki kualitas namun harga terjangkau.

O Tentukan Target Konsumen

Tips selanjutnya untuk merintis bisnis kopi agar berjalan mulus adalah menentukan target konsumen. Sebelum memulai bisnis, pikirkan dan tentukan target yang cocok dan potensial sebagai konsumen kedai kopi Anda. Analisalah karakteristik target seperti berapa usia target pasar, penghasilan target pasar, pandangan mereka tentang cita rasa kopi, hingga pekerjaan mereka.

Dengan memahami calon konsumen dengan baik, Anda dapat lebih mudah menentukan strategi bisnis yang tepat seperti lokasi kedai, desain kedai yang cocok, harga produk, dan lain sebagainya.

O Carilah Supplier yang Kualitas dan Harganya Cocok

Kemudian dalam merintis sebuah bisnis kedai kopi, pemilihan supplier kopi harus Anda perhatikan juga. Penentuan supplier ini dapat didasari oke hasil analisis target pasar yang telah ditentukan oleh Anda. Misalnya jika Anda mengacu pada pandangan konsumen mengenai cita rasa kopi, dimana kualitas diatas segalanya maka Anda perlu mencari supplier yang benar-benar memiliki kopi dengan kualitas yang premium.

Nah, apabila hanya mengacu pada penghasilan saja, misalnya target untuk kalangan remaja yang belum memiliki penghasilan yang besar mungkin Anda bisa memilih supplier yang menawarkan harga murah tetapi kualitas memang tak premium seperti pasara yang mementingkan cita rasa.

O Perkuat Konsep Bisnis Kedai Kopi yang Anda Rintis

Dengan memperkuat konsep bisnis kopi yang akan dirintis, maka Anda memperkecil kemungkinan adanya persaingan bisnis. Selain dapat membedakan kedai kopi Anda dengan kedia lani, konsep yang menarik juga dapat mengundang kebuh banyak konsumen untuk datang mengunjungi kedai Anda dan juga mengembangkan bisnis Anda dimasa mendatang.

O Rajinlah Melakukan Promosi

Dalam setiap bisnis, promosi memegang kunci kesuksesan yang tak kalah penting. Meskipun Anda baru merintis bisnis perkopian ini tetapi promosi harus Anda gencarkan dari jauh hari agar kedai Anda bisa dikenal luas. Anda dapat memanfaatkan berbagai strategi promosi seperti strategi “dari mulut ke mulut”, review kedai kopi Anda di social media, atau memberikan voucher atau diskon pada saat grand opening atau pada hari-hari spesial. Selain promosi yang cerdas ini, Anda juga harus pintar-pintar menjaga eksistensi kedai Anda agar bisnis terus berjalan.

Itulah beberapa tips bagi Anda seorang pemula yang hendak merintis bisnis kopi pertama Anda. Jangan ragu untuk memulai, matangkan konsep, dan buat inovasi sekreatif mungkin, semoga bermanfaat dan selamat mencoba bisnis baru Anda!

Comments

  • No Comment Yet
Please login first for post a comment