Aplikasi Android Lite Untuk Smartphone Low End

Smartphone low-end memang memerlukan dukungan aplikasi yang kompatibel. Sebab minimnya kapasitas RAM dan memori internal membuat pengoperasian aplikasi menjadi lebih terhambat. Oleh sebab itu, aplikasi versi lite hadir sebagai solusinya. Aplikasi android lite ini mengusung kapasitas yang lebih minim. Selain itu fitur animasinya lebih terpangkas. Kebanyakan aplikasi versi lite ini berjenis media sosial. Namun beberapa jenis lainnya seperti GPS hingga editing foto juga bisa anda dapatkan.

Selain ringan, aplikasi juga menawarkan interface yang lebih sederhana. Meskipun versi aslinya menawarkan fitur lebih lengkap, namun kemampuan versi ringan ini juga tidak kalah dengan versi aslinya. Untuk ponsel dengan RAM 1 Gb ke bawah, anda bisa mengandalkan aplikasi versi ringan ini untuk ber-media sosial, mencari lokasi, sampai menonton video. Berikut ini ulasan lebih lanjut untuk pilihan aplikasi android versi lite yang bisa digunakan untuk ponsel low-end.

Pilihan Aplikasi Android Lite

  1. Facebook Lite

Ukuran Facebook Lite kurang dari 2 MB. Versi Lite aplikasi ini mengusung user interface yang lebih sederhana. Selain itu, aplikasi terasa ringan karena beberapa animasi visual dihilangkan. Meskipun perlu sedikit loading untuk meng-klik sesuatu, aplikasi ini tetap ramah untuk smartphone low-end. Jika anda tidak ingin mengunduh aplikasi Messenger, Facebook Lite tetap mendukung aktivitas perpesanan tanpa tambahan aplikasi tersebut.

  1. Instagram Lite

Instagram merupakan aplikasi sosial media yang menghabiskan banyak kuota serta memori penyimpanan. Lewat aplikasi Instagram Lite, ukuran aplikasi pun tidak terlalu besar. Selain itu, aplikasi ini juga lebih hemat kuota serta RAM dan user interfacenya tidak rumit. Fiturnya juga tidak kalah lengkap dari Instagram biasa. Anda masih bisa melihat story, mengunggah snap, melihat video, bahkan menonton IGTV. Sayangnya Instagram Lite tidak didukung fitur DM dan berbagi postingan.

  1. Messenger Lite

Ukuran Messenger Lite hanya 8 MB. Lebih kecil dari Messenger biasanya. Tentu saja kapasitas tersebut membuat aplikasi ini sangat membantu untuk smartphone low-end. Untuk fiturnya cukup lengkap. Meliputi media chatting, panggilan audio dan video, serta interface yang lebih sederhana. Jika anda menggunakan Facebook Lite, anda pun bisa menggunakan aplikasi ini sebagai pelengkap.

  1. Youtube Go

Bagi yang mengeluhkan kuota internet cepat habis dengan aplikasi Youtube, Youtube Go hadir sebagai versi ringan aplikasi tersebut. Aplikasi ini mampu berjalan lancar pada smartphone low end. Pengguna bisa lebih hemat kuota dengan memilih kualitas video. Selain itu, anda juga bisa membagikan video yang telah diunduh via koneksi lokal. Anda pun bisa tetap streaming tanpa menguras banyak data internet.

  1. Google Maps Go

Tidak hanya sosial media saja. Google Maps juga menyediakan versi litenya. Google Maps Go menyediakan fitur yang sagat lengkap meskipun mengusung versi lite. Mulai dari informasi lalu lintas sampai transportasi umum. Aplikasi didesain seringan mungkin sehingga lancar dijalankan untuk semua jenis smartphone. Sayangnya jumlah petanya tidak sebanyak Google Maps biasa dan tidak bisa digunakan untuk mendapatkan informasi secara realtime. Namun fitur lainnya tetap mendukung kebutuhan lalu lintas anda.

Demikian sejumlah opsi aplikasi versi Lite yang cocok untuk smartphone low-end. Semoga bermanfaat.

Comments

  • No Comment Yet
Please login first for post a comment