Apakah Mesin Kasir Konvensional Sudah Ketinggalan Jaman?

Sebuah Studi Pembayaran Konsumen pernah dilakukan di tahun 2016 silam oleh Lembaga Payment Processor, TSYS (Total System Services). Hasilnya, hanya 11% responden saja yang memilih uang tunai sebagai bentuk pembayaran yang disukai.

Lantas, bagaimana dengan penggunaan POS System yang mendukung transaksi pembayaran secara non tunai? Apakah lebih efektif dalam menjamin kelancaran usaha? Mari kita simak pembahasannya berikut ini!

Fakta bahwa mesin kasir konvensional untuk saat ini telah usang dan ketinggalan jaman memang bukan hal yang mengejutkan. Pasalnya, penggunaan uang tunai sebagai bentuk pembayaran di Negara maju mulai kurang diminati sejak bertahun-tahun yang lalu.

Bagi pemilik restoran atau toko retail, mengganti peralatan yang telah usang merupakan keputusan cerdas karena dapat membantu operasional usaha berjalan lebih lancar dan memastikan pelayanan pelanggan dapat berjalan dengan baik.

Penggunaan mesin kasir konvensional tidak lagi menjamin sistem pelaporan penjualan yang lebih kuat sehingga waktu tidak menjadi efisien untuk usaha yang Anda jalankan.

Apalagi, sekarang ini makin banyak bisnis yang menyadari kekurangan dari mesin kasir konvensional dan menggantinya dengan mesin POS System atau aplikasi kasir karena memiliki kehandalan serta efektivitas untuk kelancaran usaha. Tentu Anda tidak ingin ketinggalan dari para pesaing bukan?

Setidaknya ada 3 alasan mengapa mesin kasir konvensional telah ketinggalan jaman dan harus diganti dengan POS System.

Tidak Dilengkapi Fitur untuk Mendukung Bisnis Modern

Meskipun uang tunai bukan lagi menjadi metode pembayaran yang disukai secara keseluruhan, untuk jenis bisnis tertentu seperti kedai kopi atau restoran cepat saji secara umum uang tunai masih sering digunakan.

Selain itu memang masih banyak populasi yang bergantung pada uang tunai karena “tidak memiliki rekening bank”. Melihat faktor-faktor tersebut, uang tunai mungkin tidak hilang sepenuhnya dan mesin kasir konvensional masih tetap bisa digunakan.

Akan tetapi, mesin kasir lama tidak dilengkapi fitur yang memadai untuk tuntutan bisnis modern. Kurangnya fitur analitik dan pelaporan serta ketidakmampuan untuk mengintegrasikan berbagai teknologi baru menjadi masalah utama yang menyebabkan mesin kasir konvensional semakin usang.

Kemampuan dan Fungsi yang Terbatas

Bila dibandingkan dengan POS System, mesin kasir lama memiliki fungsi yang masih terbatas. Terutama kemampuannya untuk menyediakan data yang sangat penting bagi bisnis Anda.

Sedangkan Sistem POS memiliki fungsi dan fitur-fitur yang lebih maju. Mulai dari penerima pembayaran menggunakan kartu kredit/debit, laporan penjualan, hingga pelacakan inventaris.

Bahkan untuk versi yang lebih maju, Sistem POS sudah dilengkapi dengan fitur untuk mengintegrasikan program loyalitas pelanggan, memindai item dengan barcode, mengirim pesanan ke dapur untuk bisnis restoran, dan masih banyak lagi.

Teknologi POS System juga semakin berkembang seiring berjalannya waktu. Ada banyak fitur yang disematkan ke dalamnya untuk mendukung berbagai fungsi dasar dalam bisnis modern.

Sulit Digunakan untuk Mengembangkan Bisnis

Jangan ragu dalam membelanjakan uang untuk membeli Sistem POS karena sebenarnya Anda dapat menghemat banyak waktu dan uang dalam jangka panjang untuk membuat bisnis lebih berkembang.

Uang yang dibelanjakan untuk membeli Sistem POS merupakan investasi yang sangat menguntungkan bagi perkembangan bisnis Anda karena ada banyak manfaat bisa Anda dapatkan dari Sistem POS ketimbang masih menggunakan mesin kasir konvensional.

Misalnya untuk bisnis restoran, ada banyak waktu yang bisa dihemat dan banyak kesalahan yang bisa dihilangkan apabila menggunakan Sistem POS.

Anda bisa mengaktifkan fungsi-fungsi serbaguna yang tersedia dalam Sistem POS, mulai dari pemesanan menggunakan layar sentuh, mengirim pesanan langsung ke dapur melalui monitor, hingga menarik cek elektronik dengan mudah.

Selain itu, Anda dapat membuat berbagai keputusan bisnis dengan lebih baik karena adanya fitur pelaporan yang terintegrasi pada beberapa bidang utama bisnis Anda.

Misalnya saja opsi manajemen inventaris terpadu, Anda dapat melacak stok barang dengan mudah melalui file Excel dan merekonsiliasi jumlahnya secara manual.

Anda akan dapat melihat laporan barang-barang mana yang penjualannya tertinggi beserta karyawan mana yang melakukan penjualan tersebut.

Selain itu, Anda juga dapat melihat kapan waktu dengan penjualan terbanyak dan menjadwalkan staf pada waktu tersebut, sehingga penjualan bisa berjalan dengan efektif.

Kesimpulan

Di era bisnis modern yang serba cepat dan kompetiti saat ini, Anda harus dapat memberdayakan semua alat yang tersedia sebagai penunjang untuk mengembangkan bisnis.

Seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat, mesin kasir konvensional sudah ketinggalan jaman dan fungsinya menjadi kian terbatas. Sudah waktunya Anda mulai beralih ke POS System demi kelangsungan bisnis Anda di tengah persaingan yang semakin ketat.

Comments

  • No Comment Yet
Please login first for post a comment