5 Manfaat Dompet Digital Bagi Keuangan Anda

Tren positif ini disambut baik oleh para pelaku industri untuk terus menggencarkan berbagai penggunaan layanan digital melalui cara yang unik. Mulai dari promosi sampai kolaborasi dengan berbagai sektor lain. Contoh untuk kerja sama tersebut, antara lain yaitu Go-Pay dengan Alfamart, OVO dengan Tokopedia dan juga Grab, serta DANA dengan Ramayana.

Pada artikel kali ini akan dirangkum berbagai manfaat yang bisa diperoleh apabila menggunakan layanan keuangan digital. Dengan begitu, maka Anda bisa untuk menimbang-nimbang apakah akan menggunakan layanan tersebut ataukah tidak.

1. Kemudahan

Kemudahan dalam transaksi menjadi sebuah kelebihan utama dalam dompet digital. Dengan menggunakan dompet ini, maka Anda tidak perlu lagi untuk membawa dompet tebal penuh dengan uang tunai, kartu debit atau kredit, atau harus mengantre untuk melakukan tarik tunai di ATM. Selain itu, dompet ini juga lebih aman dan juga mudah dibawa saat bepergian.

Dalam keadaan darurat, maka menggunakan dompet ini bisa memudahkan Anda. Misal, ketika Anda harus membayar belanjaan online tetapi Anda tidak bisa membayar secara langsung karena sedang berhalangan. Maka Anda bisa gunakan layanan dompet ini seperti halnya OneKlik milik BCA, OVO, dan lain sebagainya.

2. Promosi

Berbagai promosi yang akan disajikan oleh layanan pembayaran digital ini akan menguntungkan para pengguna. Promosi itu seperti cashback ataupun diskon menjadi salah satu hal yang sangat menarik para pengguna untuk bisa menggunakan layanan tersebut.

Berdasarkan riset JakPat terhadap 1.625 responden pada bulan Oktober 2018 lalu. Maka sebanyak 65% responden telah menggunakan pembayaran digital ketika ada sebuah program promosi.

Sementara, itu responden lainnya akan memakai layanan pembayaran melalui dompet digital saat tidak membawa uang ataupun kartu kredit/debit sekitar 60,2%. Hampir setiap waktu sekitar 42,7%, dan merasa melakukan transaksi nontunai lebih baik daripada tunai sekitar 24,5%.

3. Terdapat Histori Transaksi

Semua transaksi akan dicatat maka Anda bisa mengulas berbagai pengeluaran secara berkala, minimal satu hari sekali. Jika semua transaksi dicatat, maka akan sangat mudah bagi orang untuk bisa melacak pengeluaran mereka. Ini juga akan sangat membantu pada saat mengajukan pengembalian pajak penghasilan.

Jika dicermati, maka orang akan mudah menjelaskan pengeluaran yang mereka lakukan. Hampir semua layanan pembayaran digital ini menyajikan histori transaksi pada semua aplikasinya, mulai dari Go-Pay, OVO, T-Cash, dan lain sebagainya.

4. Disiplin Anggaran

Histori transaksi yang ada pada aplikasi dompet digital ini sangat memudahkan Anda untuk bisa mengatur anggaran bulanan yang ada di bulan selanjutnya. Anda bisa menganalisis pengeluaran Anda dalam sebulan, kemudian bisa menerapkan hasil analisis tersebut pada budgeting untuk bulan depan.

Penganggaran ini mampu membuat Anda disiplin dalam keuangan. Sebab Anda telah bisa menentukan batasan-batasan di setiap transaksi yang akan Anda lakukan.

5. Risiko Lebih Rendah

Jika dicuri, maka Anda bisa memblokir pembayaran digital tersebut melalui akun yang terhubung di perangkat ponsel. Dengan begitu, maka uang dalam dompet tersebut kemungkinannya tidak bisa Anda gunakan lagi.

Layanan dari dompet digital di Indonesia pun akan disesuaikan dengan aturan dari regulator. Sejalan dengan regulasi BI, maka sistem aplikasi penyedia pembayaran digital, Dana terintegrasi dengan data milik Dukcapil untuk bisa melakukan proses KYC. Melalui data terintegrasi itu, maka registrasi Dana bisa dilakukan menggunakan KTP dan KK.

Comments

  • No Comment Yet
Please login first for post a comment